Mengedit Data Menggunakan Codeigniter

April 02, 2018 deifa satrio 0 Comments



Halo kawan-kawan salam sejahtera ya untuk kalian semua, gimana kabar kalian ? baik kan ?. Kali ini saya akan membahas lanjutan artikel sebelumnya yaitu : Menampilkan Data Menggunakan CodeIgniter. Nah buat kawan-kawan yang belum baca artikel sebelumnya, harap di baca dulu ya, karena materi saya ini saling terkait. Kali ini sesuai judul saya akan membuat tutorial untuk mengedit data menggunakan codeigniter.

Untuk tutorial kali ini mungkin akan sedikit lebih panjang soalnya juga langkah-langkahnya banyak, Jadi baca dengan teliti dan praktekan dengan benar ya, hehehe

1. Pertama buka model "M_buku" yang berada di "belajarci/application/models/". kemudian buat fungsi bernama "cari_data" dan "edit_data" seperti contoh di bawah ini.


Penjelasan Script : keguanaan dari fungsi "cari_data" adalah mengambil data dari database berdasarkan "$data_kode" yang di kirim dari controller, yaitu "C_buku". Sedangkan untuk fungsi "edit_data" adalah mengubah data terpilih dari tabel "tb_buku" berdasarkan variabel "$data_kode".  


2. Ok, selanjutnya buat file view "edit.php" di folder "belajarci/application/views/", lalu ketikan script seperti berikut.


Penjelasan Script : script "foreach($data_buku as $row){" sampai dengan tutup nya "}" adalah menampilkan data terpilih yang telah di proses melalui "C_buku" dan datanya di cari di database menggunakan "M_buku"


Jika sudah tambahkan sedikit script di file "main.php" yang berada di "belajarci/application/views/" seperti di bawah ini.


Penjelasan Script : penjelasan dari script "<?php echo anchor('C_buku/e/'.$row->id,'Edit')?>" adalah kita melompat menuju controller "C_buku/e/' dengan menyisipkan "id" data yang ada di tabel "tb_buku", yang nantinya akan di proses di controller "C_buku".


3. Langkah selanjutnya buka file "C_buku" yang berada di folder "belajarci/application/controllers" dan tambahkan fungsi "e" dan fungsi "edit" seperti di bawah ini.


Penjelasan Script : kita mulai dari fungsi "e", di fungsi ini pada baris pertama kita menangkap variabel "$kode" yang tadi kita kirim dari view "main.php" dan kemudian kita jadikan dalam bentuk array, selanjutnya kita kirim ke "M_buku" setelah di "M_buku" data berhasil di cari, kita langsung tampilkan di page view "edit.php"

sekarang kita ke fungsi "edit", fungsi ini juga hampir sama ya dengan fungsi "e" tadi, yaitu menangkap data dari form di dalam page view "edit.php", yang kemudia di jadikan bentuk array dan di kirim ke "M_buku" untuk di proses. 


4. terakhir buka browser kawan-kawan lalu ketikkan "localhost/belajarci", kemudian silahkan coba script baru kalian. Jika kawan-kawan mengikuti dengan benar langkah-langkah yang saya tuliskan di atas maka pasti akan berjalan karena saya selalu sebelum ngeblog saya coba dulu. hehehe


Ok sekian dulu tutorial kali ini kalo ada yang kurang jelas kalian bisa dowload script lengkap beserta database nya disini. Kalo kawan-kawan masih kurang jelas juga, silahkan coret-coret kolom komentar di bawah ini, Sekian dan tetap semangat ya !



0 komentar: