Menampilkan Data Menggunakan CodeIgniter

Maret 26, 2018 deifa satrio 4 Comments



Halo halo, apakabar kawan-kawan programmer yang hebat-hebat. kali ini seperti biasa saya akan melanjutkan artikel sebelumnya yaitu : Input Data Menggunakan Codeigniter. Sesuai judul nya "Menampilkan Data Menggunakan Codeigniter", kita akan menampilkan data dari tabel "tb_buku" yang ada di database "db_belajar" yang telah kita buat di tutorial sebelum-sebelumnya.

Ok, langsung saja praktek. Pertama pastikan kawan-kawan telah mengikuti tutorial yang sebelumnya agar tidak bingung di tutorial kali ini. Lanjut langsung ke langkah-langkahnya :

1. Buka folder "belajarci" yang berada di "xampp/htdocs" kawan-kawan di texteditor kalian. Kemudian buka file "M_buku.php" di folder "belajarci/application/models/", lalu tambahkan fungsi "tampil_data" pada model kalian.


Penjelasan Script :  Fungsi "tampil_data" adalah mengambil seluruh data yang berada di "tb_buku".


2. Buka file "main.php" yang berada di "belajarci/application/views" setelah itu ubah script di "main.php" dengan menambahkan beberapa script. kawan kawan bisa melihat file "main.php" milik saya di bawah ini.


Penjelasan Script : script "foreach ($buku as $row) {" sampai "}" berfungsi untuk menampilkan data yang di kirim dari Controller.


3. Buka file "C_buku.php" yang berada di "belajarci/application/views" kemudian edit fungsi "index" seperti berikut.

Penjelasan Script : "$data['buku']=$this->M_buku->tampil_data();" berfungsi untuk memanggil fungsi "tampil_data" yang berada di "M_buku", kemudian di masukan ke variabel data dengan nama "buku", untuk script ini "$this->load->view('main',$data);" berfungsi untuk menampilkan file "main.php" beserta menyisipkan variabel data yang sebelumnya telah di buat.

4. Terakhir buka "localhost/belajarci", jika kawan-kawan membaca dari awal dan teliti dalam mengetik maka akan tampil seperti berikut.




Tips : usahakan dalam dunia pemrogramman kawan-kawan menghindari Copy Paste, karena skill mengetik dengan cepat itu adalah nilai tambah di dunia pemrogramman.

Ok, saya kira cukup dulu untuk artikel kali ini, kalo ada yang kurang faham. Silahkan coret-coret kolom komentar di bawah ini ya. Salam sejahtera dan tetap semangat.

4 komentar: