Menghapus Data Menggunakan CodeIgniter

April 07, 2018 deifa satrio 1 Comments



Hay hay kawan, gimana kabar nya ? baik kan ? dalam kesempatan kali ini saya akan melanjutkan kembali artikel sebelumnya yaitu : link edit data, bagi temen-temen yang belum baca artikel tersebut alangkah baiknya untuk membaca artikel-artikel sebelumnya agar tidak bingung. Ok langsung saja ke inti nya, dalam artikel ini kita akan membuat hapus data menggunakan CodeIgniter, Ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan benar dan teliti :

1. Buka file "main.php" yang berada di "belajarci/application/views/", Kemudian ubah sedikit script yang ada di file tersebut menjadi seperti ini.


Penjelasan Script : untuk script "<?php echo anchor('C_buku/hapus/'.$row->id,'Hapus');?>" berfungsi sebagai link yang akan membawa kita ke fungsi "hapus" yang ada pada "C_buku" dengan membawa id dari data yang kita hapus.


2. Tambahkan fungsi "hapus" di file "C_buku.php" yang berada di "belajarci/application/controllers" seperti berikut.


Penjelasan Script : fungsi "hapus" berfungsi untuk membuat variabel array yang beri variabel kode dan nama colom yang menjadi parameter untuk menghapus data, kemudian mengirimnya ke fungsi "hapus_data" yang berada di model "M_buku.php". 


3. Buka file "M_buku.php" yang berada di "belajarci/application/models" kemudian tambahkan fungsi "hapus_data" seperti berikut.


Penjelasan Script : fungsi "hapus_data" adalah menghapus data dari tabel "tb_buku" berdasarkan variabel array "data_kode" yang tadi kita kirim melalui fungsi "hapus" di controller "C_buku"


4. Terakhir buka "localhost/belajarci" dan coba script terbaru kalian ya kawan-kawan.

Sekian dulu tutorial yang sangat singkat kali ini, semoga bermanfaat dan berguna. Untuk source code bisa di unduh disini, Kalo ada error atau penjelasan yang kurang tepat kawan-kawan bisa ketikan komentar di bawah ini. See you next time kawan, salam sejahtera dan tetap semangat ya.

1 komentar: