Installasi XAMPP

Maret 08, 2018 deifa satrio 0 Comments



hay hay, salam sejahtera ya kawan-kawan. Sehat kan ? pastinya dong soal nya hari ini kita akan lanjut belajar lagi tentang pemrograman website OK ?. Lanjut ya, Sebelum saya memberi penjelasan lebih dalam, di sini ada gak yang tau aplikasi Xampp ? yang tau saya kasih jempol 4, yang belum santai aja habis ini kita akan pelajari kawan.

XAMPP adalah sebagai server yang berdiri sendiri atau sering disebut juga localhost, Xampp adalah gabungan dari 3 aplikasi yang sangat berpengaruh besar dalam pemrograman, yaitu Apache,MySQL,dan PHPMyAdmin. Ini udah mulai berat ya kawan jadi siapkan mental dan kesabaran, hehehe. Kemudahan dari Xampp sendiri adalah kita dapat mengkonfigurasikan 3 aplikasi tersebut sekaligus secara mudah. Xampp pun telah mengalami banyak pengembangan dan juga update bahkan terakhir saya lihat huruf "M" di Xampp yang dulu adalah MYSQL sekarang telah menjadi Maria DB entah benar atau cuma web yang saya kunjungi agak ngantuk. Saya akan terangkan terlebih dahulu tentang ke-3 aplikasi yang ada di Xampp yaitu Apache,MySQL,dan PHPMyAdmin.


  • Apache : Apache adalah sebuah web server dan jangan lupa open source, apache memiliki kemudahan yaitu anda bisa mengedit kode programnya.fungsi utama dari Apache yakni menghasilkan halaman web yang benar sesuai dengan yang dibuat oleh seorang web programmer,dengan menggunakan kode PHP.



  • PHP : adalah bahasa suatu pemograman untuk pembuatan web.dengan PHP kalian dapat membuat halaman web yang dinamis.selain mendukung di sistem operasi Windows,PHP juga dapat di gunakan pada mac OS,Linux,dan sistem operasi yang lainnya.



  • MYSQL : MYSQL adalah sistem manajemen database yang sering digunakan bersama PHP.PHP juga mendukung pada Microsoft Access,Database Oracle,d-Base,dan sistem manajemen database lainnya. SQL {Structured Query Language} adalah bahasa terstruktur yang digunakan secara khusus untuk mengolah database.dan MySQL merupakan sebuah sistem manajemen database.


Ok pusing kan pastinya, hehehe. Sabar nanti kalo udah praktek pasti tau manfaatnya kawan. sekarang kita mulai prosses instalasi nya, pertama pastikan kalian Download file Xampp nya(link ada dibawah). Kemudian gunakan jurus pamungkas install yaitu klik agree, next, next, next. Setelah prosess instalasi selesai kita chek hasilnya dengan cara buka browser lalu ketikan "localhost" atau ketikan "127.0.0.1", taaaddddaaaa kalo berhasil hasil nya seperti berikut.



Ntabs kan ?, aku kira udah dulu untuk artikel ini, kita sambung next ya kawan. Selamat mencoba dan good luck.

Link Download Xampp :https://www.apachefriends.org/index.html

0 komentar: