login auth laravel 5.8

September 10, 2019 deifa satrio 0 Comments


Halo halo kembali ketemu saya lagi deva satrio di lanjutan kelas online laravel 5.8, setelah artikel kemarin saya hanya memberi keterangan tentang apasih laravel dan gimana cara installasi nya, Nah di kesempatan kali ini saya akan memberi tutorial gimana membuat login menggunakan auth di laravel 5.8 ini.

Untuk kawan kawan yang belum baca artikel aku sebelum ini yaitu Perkenalan & Installasi Laravel 5.8, please baca dulu agar egak bingung dikarenakan artikel nya nyambung, hehehe
maklum gaes aku capek kalo ngetik banyak-banyak. Oke Lanjut

Jadi di framework laravel ini kita telah di sediakan fitur management login dengan sangat lengkap, tinggal kita mau apa egak mengaktivkan fitur login tersebut. intinya kita sudah disediakan library dan fitur-fitur login tinggal di eksekusi. oke gausah banyak kuda kuda, kita langsung cus aja ke tutorial nya.

1. Buat Database

bisa kawan kawan lihat di gambar di bawah ini, aku membuat database baru dengan nama "db_belajar" yang masih belum memiliki tabel.



2. Mengkoneksikan Database

setelah kita memiliki database, langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan database kita dengan project blog yang sebelumnya sudah kita bahas di artikel  Perkenalan & Installasi Laravel 5.8 ini, Nah cara konekin nya adalah kalian buka file .env yang berada di dalam folder blog,
kemudian ganti nama tabel dan password nya seperti contoh gambar di bawah ini.


3. Mengaktivkan AUTH

setelah database konek, tinggal kita aktivkan dengan cara buka cmd lalu ketikan "php artisan migrate" seperti gambar dibawah.


jika proses migrate sukses maka secara otomatis database kalian "db_belajar" tadi akan terisi tabel seperti gambar di bawah ini.



setelah selesai, ketik lagi di cmd "php artisan make:auth", jangan lupa mengarahkan path cmd ke dalam folder project blog nya.


4. Waktunya Pesta Pora

setelah langkah ke tiga sukses, jalan kan script "php artisan serve" di cmd kemudian cek dibrowser "localhost:8000" dan Viola, kalian bisa lihat sekarang ada link login dan register di kanan atas aplikasi kalian seperti gambar dibawah ini.



heheheh gimana ? mudah ? atau sulit ? coba kawan kawan register kemudian login.Oke cus, tuliskan komentar di bawah kalo kalian puas atau bingung, Next kita bahas input data. sekian dulu dari saya semoga bermanfaat, see you next artikel.

0 komentar: